Selasa, 20 Januari 2015

Calon Pengguna Smartphone 4G Harus Ganti Kartu

Polytron Zap 5: Handphone 4G Canggih dengan Harga Terjangkau


Calon pengguna smartphone 4G Indonesia harus ganti kartu lho. Tanpa mengganti kartu sim hp 4G Anda, Anda tak bisa merasakan dahsyatnya kecepatan akses data 4G LTE. Seperti kita ketahui saat ini, operator seluler Indonesia telah melebarkan sayap jaringan 4G LTE. Kota yang dihinggapi oleh jaringan tersebut di antaranya Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Medan, dan Bali. Ini adalah efek dari keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang mengizinkan jaringan 4G LTE boleh dikomersialkan dengan frekuensi 900 MHz pada akhir 2014 lalu. 

Layanan akses data hingga 100 Mbps tersebut bisa Anda rasakan dengan menggunakan handphone 4G LTE spektrum 900 MHz. Akibatnya, karena spesifikasi 4G LTE ini berbeda dengan jaringan sebelumnya, seperti 3G atau HSDPA, maka kartu sim-nya berbeda. Alhasil, Anda yang ingin merasakan jaringan 4G LTE pada handphone 4G, harus mengganti kartu sim Anda ke kartu sim yang dukung 4G LTE. Kartu sim 4G LTE tersebut memiliki kapasitas memori 128 Kb. Lebih jelasnya, petinggi Indosat, Alexander Rusli, juga menjelaskan secara rinci bahwa pengguna smartphone 4G tak bisa menggunakan kartu sim lamanya dalam bentuk nano-sim atau mikro-sim. 

Penggunaan kartu sim model terbaru 4G LTE tersebut diperlukan karena konfigurasi jaringan pada sinyal 4G LTE membutuhkan kapasitas ruang yang lebih besar. Lebih besar daripada ruang memori kartu sim yang mendukung 3G atau HSDPA saja. Akan tetapi, Anda tak perlu takut kalau nomor seluler Anda akan berganti. Karena kartu sim 4G LTE bisa disesuaikan dengan nomor kartu sim Anda sebelumnya, dengan syarat provider yang sama. Januari ini, Polytron mengeluarkan Polytron Zap 5 sebagai smartphone 4G LTE harga murah. Anda yang memiliki tabungan 1 juta saja sudah bisa berselancar 4G LTE dengan berbagai provider yang mendukung LTE. Polytron Zap 5: handphone 4G canggih dengan harga terjangkau. Provider yang bisa mendukung 4G LTE adalah Telkomsel, XL, dan Indosat.


Layanan teknologi 4G LTE memang sedang dikembangkan oleh berbagai provider seluler Indonesia bagi para penggila hp 4G. Masing-masing provider indonesia memiliki wilayah jangkauan 4G LTE yang berbeda-beda satu sama lain. Kota-kota Indonesia yang beruntung mendapatkan jaringan 4G LTE di antaranya Jakarta, Bogor, Medan, Yogyakarta, dan Bali. Nah, untuk Telkomsel, kota yang didukung 4G adalah Jakarta dan Bali. Telkomsel merilis jaringan seluler untuk hp 4G LTE secara komersil pada 8 Desember 2014. 

Telkomsel membuat iklan dengan video yang menyajikan kolaborasi 3 musik di 3 tempat berbeda dengan dihubungkan 4G LTE Telkomsel yang super kencang. XL sendiri merilis jaringan teknologi 4G LTE pada 19 Desember 2014. Kota yang beruntung mendapatkan jaringan 4G LTE XL adalah Medan, Yogyakarta, dan Bogor. Provider Indosat merilis teknologi jaringan 4G LTE pada 23 Desember 2014. Kota Jakarta adalah satu-satunya kota yang disambangi 4G LTE Indosat. Meskipun daya jangkauaannya baru di beberapa kota, ke depannya provider tersebut akan memperluas jaringan 4G LTE-nya ke berbagai kota besar Indonesia. 

1 komentar: